021 451 4151        research@frontier.co.id
Indonesian Flag American Flag

Rahasia Membangun Brand Jawara

Rahasia Membangun Brand Jawara

Pertama-tama, mari ketahui berapa banyak perusahan yang menawarkan lini produk atau layanan serupa di pasar target yang sama? Perusahaan-perusahaan tersebut juga bertujuan untuk memiliki pangsa pasar yang lebih tinggi, peningkatan pendapatan, keuntungan besar, dan pertumbuhan yang signifikan dibandingkan dengan merek-merek kompetitornya di pasar.

Tidak ada satupun industri tanpa persaingan setiap harinya. Bisnis Anda akan terus menghadapi persaingan merek di pasar, bahkan dari pendatang baru yang menawarkan produk dan jasa yang lebih fresh, kekinian dan kreatif untuk mencuri pelanggan Anda. Para pelaku bisnis pasti menyadari bahwa merek adalah aset yang sangat mahal. Merek Anda adalah reputasi Anda!

Dinamika pasar terus berubah dengan sangat cepat. Merek tidak hanya bertahan, tetapi harus tumbuh dan berkembang. Tidak hanya mengenai value dari bisnis Anda, tetapi juga cerdik memahami pesaing-pesaing Anda adalah salah satu langkah penting untuk merencanakan dan melaksanakan strategi bisnis yang sukses. Tidak sedikit dari merek-merek yang tadinya populer, lambat laun menghilang dari pasar..

Hanya melalui strategi dan penerapan branding secara tepatlah yang mampu menjadi kunci keberhasilan pada kompetisi brand yang rumit ini. Jadi, bagaimana caranya memiliki merek yang juara?

Temukan posisi di balik merek Anda – Saya yakin hampir semua pernah mendengar tagline “apapun makanannya, minumnya teh botol sosro”. Tagline ini berhasil meraih image unik di kalangan konsumen bahwa makanan apapun, konsumen mungkin saja cenderung untuk memilih Teh Botol Sosro. Contoh lain adalah bagaimana Wardah mampu mengikat ‘halal’ menjadi daya tarik bagi perempuan muslim untuk membeli mereknya. Temukan sesuatu yang membuat merek Anda unik dalam industri dan membuat konsumen sangat mudah untuk mengingatnya. Brand positioning sangat penting agar konsumen punya alasan memilih merek Anda.

Anda dapat melakukannya dengan mempelajari kompetitor, kemudian mencari celah untuk menonjolkan merek Anda. Gunakanlah ide ini untuk membangun pondasi merek Anda, melalui tagline, slogan, suara, pesan, cerita, visual, dan masih banyak lagi.

“People don’t buy what you do; they buy why you do it.The goal is not to do business with everybody that needs what you have.The goal is to do business with people who believe what you believe.” – Simon Sinek

Kualitas diatas harga – Iphone dan Starbucks merupakan perusahaan yang mengedepankan value, bukan harga. Padahal harganya tidak murah, tetapi tetap ada yang beli, bahkan membeli lagi dan lagi. Pemikiran terhadap kualitas sangat mendominasi dibandingkan tergoda untuk bersaing dengan harga murah. Bangun dulu value-nya, apa yang menjadi kelebihan merek Anda dibanding dengan produk sejenis. Biasanya konsumen akan belajar, mereka membeli produk dengan harga murah terlebih dahulu, tidak puas, dan kemudian akan mencoba membeli yang kualitasnya lebih baik. Terdapat dua pilihan untuk Anda : Menjadi perusahaan dan marketer yang hebat dengan selalu melihat kualitas sebagai driver utama untuk membangun merek yang kuat atau menjadi perusahaan dan marketer yang memiliki keyakinan bahwa harga murah adalah ide terbaik untuk membangun merek yang kuat?

Anda dapat belajar dari Prof. Gorvin, bahwa untuk mengejar perceived quality Anda perlu memahami beberapa dimensi dari kualitas produk Anda :

  • Performance – dimensi paling dasar yang berhubungan dengan fungsi utama produk Anda
  • Realibility – menunjukkan probabilitas suatu produk gagal menjalankan fungsinya
  • Features – karakteristik yang dirancang untuk menyempurnakan fungsi produk atau menjadi target para produsen untuk berinovasi dalam upaya memuaskan pelanggannya
  • Durability – siklus terkait teknis dan waktu, dimana produk awet jika sudah sering digunakan atau sudah lama sekali digunakan
  • Conformance – produk yang memiliki conformance tinggi berarti sesuai dengan standar yang ditentukan. Salah satu aspeknya adalah konsistensi
  • Design – dimensi yang unik. Aspek emosional dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan

Anda juga dapat belajar dari Prof.Berry dkk untuk dimensi pembentuk kualitas pelayanan Anda:

  • Tangible – penilaian dengan indra penglihatan untuk menilai suatu kualitas
  • Responsiveness – kesigapan dalam merespon permintaan
  • Assurance – kemampuan perusahaan dalam menanamkan rasa percaya kepada pelanggannya
  • Emphaty – keramahan dan kesopanan yang diberikan kepada pelanggan
  • Reliability – keandalan perusahaan dalam memberikan pelayanan seperi pemenuhan janji

Investasi pada brand research – Mengapa dikatakan investasi? Dengan brand research, Anda akan dapat melakukan analisis untuk memahami pasar dan mengembangkan strategi Anda dalam menghadapi kompetisi merek yang akan meningkatkan value dan keuntungan bisnis Anda kedepannya.

Anda tidak mungkin menutup mata pada kompetisi antar merek saat ini dan kedepannya, seperti pengukutan mind share, market share, dan commitment share dari merek Anda.

Sekali lagi, dinamika pasar sangat mudah berubah. Penjualan Anda mungkin naik, tetapi pangsa pasarnya turun! Anda perlu mengukur penetrasi—proporsi pasar target Anda menggunakan merek Anda. Serta, mengukur proporsi kemungkinan merek Anda direkomendasikan dari total audiens yang aware terhadap merek Anda. Bahkan Anda dapat mengetahui korespondensi pencitraan merek Anda untuk mengidentifikasi karakteristik merek dengan berbagai atribut yang dapat dilihat melalui brand map.

Ada banyak objectives yang terjawab dengan brand research, khususnya untuk membangun merek Anda. Berinvestasi dalam riset adalah hal yang wajib dalam bisnis Anda. Bagaimana Anda mungkin melangkah jika Anda buta terhadap kondisi pasar? Jika Anda buta dan salah arah pada strategi merek Anda, maka merek lain siap menyalip merek Anda tertinggal jauh di belakang.

Konsultasikan penelitian Anda – Salah satu cara termudah untuk membantu Anda, yaitu bekerjasama dengan perusahaan riset. Mungkin Anda sudah tahu, tetapi Anda perlu mengingatnya kembali bahwa Anda membutuhkan konsultan yang memiliki kemampuan terhadap “research findings”. Jika tidak, Anda mungkin saja terjebak dalam pemikiran bahwa peningkatan presentase Anda sudah cukup, dimana sebenarnya bisa jauh lebih potensial.

Hak Cipta oleh Frontier Research , 2020. All Rights Reserved.
Open chat
Ada yang bisa kami bantu ?!